Tuesday 29 December 2015

Keren Gan! Tempat Wisata Pantai di Jogja. Yuk Intip!

Klik untuk Melihat Tempat Wisata Pantai di Jogja
Tempat Wisata Pantai di Jogja
infobacktravel.blogspot.com - Tempat Wisata Pantai di Jogja - Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata di Jogja beserta keramahan budayanya? Yup, Kota Jogjakarta mampu dengan sukses menawarkan paduan indahnya bentangan alam sekaligus kebudayaan khasnya. Memang kota Jogja sudah tak perlu diragukan lagi apabila berbicara terkait dengan "budaya" Kota yang akrab disebut sebagai kota pelajar ini sangat menghormati asal usul budaya serta produk-produk yang dihasilkan oleh kebudayaan itu sendiri, sebut dengan masih adanya keraton sampai ke kain batik yang mudah dijumpai. Namun, sobat backpackers jangan keburu salah kaprah. Di Jogja, sobat tidak hanya berkutat seputar kebudayaan Jawa, tetapi juga dapat menikmati eloknya alam Kota Jogjakarta.


Pantai! Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

Kota Jogja selain menyimpan sejuta keindahan budaya, ternyata juga menyimpan berbagai tempat-tempat yang eksotis dengan pemandangan alamnya. Tempat tersebut pun beragam, mulai dari wisata goa hingga pantai. Berikut ini, ada beberapa pantai yang dapat menjadi referensi kamu untuk "basah-basahan" saat berlibur ke Jogjakarta. 


1. Pantai Watu Kodok

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pusat pemerintahan berada di Wonosari. Kabupaten ini sering di sambangi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta karena memiliki puluhan pantai yang eksotis hingga pesisir selatan. Salah satu pantai yang dengan keindahannya yang tak kalah dari pantai-pantai di Pulau Dewata adalah Pantai Watu Kodok, Pantai yang terdapat di Desa Kemadang, kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul ini dibuka dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar sebagai destinasi wisata pada tahun 2009 dengan biaya swadaya masyarakat. 

Klik untuk Melihat Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Watu Kodok
Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Watu Kodok
Nama Pantai Watu Kodok berasal dari watu ndodok (jongkok) karena pada zaman Perang Dunia II sekitar tahun 1949 digunakan sebagai tempat nongkrong serdadu Belanda sekaligus tempat pengungsian warga Gunungkidul. Pantai ini memiliki sebutan lain, yakni Watu Kopen ketika tempat ini digunakan memanaskan makanan tentara Belanda saat itu. Setelah Belanda meninggalkan lokasi, dua warga setempat yaitu Kerto Kliwon dan Setro Semang membuka lahan dan menjadi penghuni awal kawasan Pantai Watu Kodok. Entah sejak kapan nama nya berubah menjadi Watu Kodok. Nama Watu Kodok konon katanya juga diambil karena menurut masyarakat sekitar terdapat sebuah batu yang menyerupai kodok pada bagian barat garis pantai. 

Pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan ini memiliki garis pantai sekitar 600 meter dengan pasir berwarna kuning keemasan, berbeda dengan beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul dengan ciri khas pasir hitam nya. Meskipun begitu, keindahan dan belaian deburan ombaknya tidak kalah menawan dengan pantai-pantai yang sudah terlebih dahulu famous di kawasan Gunung Kidul. Oleh karena itu, Pantai Watu Kodok menjadi referensi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib sobat kunjungi. Akses pantai ini sudah cukup jelas walau papan petunjuk masuk kawasan tidak terlalu besar. Adapun jalan masuk pantai ini terdapat di jalan raya yang membentang dari Pantai Baron hingga ke Pantai Pulang Syawal. Kondisi jalan masuk menuju Pantai Watu Kodok masih berupa jalan tanah bercampur batu yang telah di keraskan dengan kontur jalanan berbukit. 

Bagi sobat yang menyukai suasana alami dan masih perawan, Pantai Watu Kodok di Gunungkidul ini bisa menjadi pilihan anda untuk mengisi waktu liburan kamu. Pantai Watu Kodok Gunung Kidul menjadi salah satu pantai baru di Yogyakarta sebagai bagian pantai pasir putih yang berada di gugusan pantai Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai pasir putih Gunung Kidul dengan bersanding karang-karang terjal di sepanjang pantai menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para wisatawan atau penikmat pantai. Begitu pula dengan pantai watu kodok gunungkidul ini yang pada sisi kanan dan kiri karang yang menyerupai kodok ini terdapat hamparan pasir putih yang menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Jika ditelusuri, pantai ini tidak jauh dengan Pantai Baron, Pantai Krakal maupun Pantai Kukup. 

Klik untuk Melihat Pasir Putih Pantai Watu Kodok
Pasir Putih Pantai Watu Kodok
Pantai Watu Kodok Gunung Kidul ini masih tergolong baru,sehingga fasilitas yang ada masih minim dan belum setenar Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti. Kamu mungkin hanya akan menjumpai warung-warung kecil yang bisa memberikan  fasilitas penyewaan tikar dan juga  menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, peran pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata pasir putih Gunung Kidul ini perlu ditingkatkan. Sangat diperlukan pengelolaan obyek wisata pantai lebih lanjut dengan tetap memperhatikan kelestarian alam sekitar. Pembangunan fasilitas dan prasarana kepariwisataan sangat diperlukan dalam waktu dekat sehingga diperlukan kerja keras dari semua fihak agar harapan tersebut dapat segera terwujud. 

Untuk menuju Pantai Watu Kodok, banyak alternatif pilihan. Akses menuju Pantai Kodok tidaklah sulit, bisa melalui jalur Kota Yogyakarta kearah menuju pusat kota Wonosari. Setelah itu kamu bisa lanjut ke arah rute Pantai Baron kemudian akan masuk Pintu Gerbang Pantai Baron lalu belok arah kanan yakni ke arah timur dan mengikuti jalan yang menuju ke Pantai Indrayanti. Secara ringkas, rute menuju Pantai Watu Kodok dapat dilihat seperti berikut

Jogja » Jalan Wonosari » Piyungan » Bukit Bintang atau Bukit Patuk » Sambipitu » Tahura Bunder » Lanud TNI AU Gading Wonosari » Logandeng » Siyono » Alun-alun Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan Mulo lurus » SMKN 1 Tanjungsari » Pos Retribusi » Pertigaan sebelum masuk kawasan Pantai Baron atau Bak Air Minum ke kiri menanjak » Pertigaan sebelum masuk Pantai Kukup ke kiri » Pertigaan masuk Pantai Sepanjang lurus » Perempatan ke kanan lihat petunjuk masuk Lokasi Pantai Watu Kodok

2. Pantai Pulang Sawal/Indrayanti

Pantai Pulang Sawal atau dapat disingkat Pantai Pulsa ini merupakan salah satu pantai yang sangat menarik diantara sekian banyak pantai di wilayah Gunungkidul dan menjadi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Awalnya pantai ini disebut Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya mendapat banyak kontroversi karena Indrayanti sebenarnya bukan nama pantai ini melainkan nama dari pemilik salah satu kafe dan restoran yang berada di pantai ini. Karena nama Indrayanti yang terpasang dipapan nama di kafe dan restoran pantai ini selanjutnya masyarakat menyebut pantai ini menjadi nama Pantai Indrayanti. Pantai Pulang Sawal atau biasa yang dikenal pantai Indrayanti memang pantai yang cukup populer dan mainstream, pantai ini dikenal karena banyak cottage yang berada dikawasan ini. Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti ikut membawa dampak positif. Yang paling terlihat adalah sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal itu juga didukung oleh adanya upaya dari pengelola yang tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp 10.000,- untuk setiap sampah yang dibuang wisatawan secara sembarangan. Karena itu Indrayanti menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Klik untuk Melihat Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Pulang Sawal
Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Pulang Sawal
Sebenarnya pemandangan pantai ini biasa saja kalau kita melihat dari tepi pantai. tetapi yang spesial adalah pemandangan dari bukit yang terletak di sebelah kanan pantai. Naiklah kebukit tersebut dan foto pantai ini dari atas sehingga view yang kita dapatkan juga cantik. Memang, sama dengan pantai lain di ujung timur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Indrayanti mengedepankan kelebihan hamparan pasir putih dan batuan karang. Oleh pengelola, dicoba diberikan sentuhan modern untuk menarik pengunjung. Ini terlihat dari penataan lokasi pantai serta sarana yang disediakan. Kendati masih tergolong pantai baru di Gunung Kidul, namun fasilitas yang tersedia di Pantai Pulang Sawal cukup memadai, seperti adanya Gazebo dan permainan Jet Sky yang bisa disewa oleh para wisatawan untuk menikmati panorama keindahan pantai dari sisi lain.

3. Pantai Timang

Pantai Timang adalah objek wisata berupa pantai yaitu wilayah yang menjadi batas antara lautan dan daratan yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Timang memiliki pemandangan yang sangat menawan dengan pasir putih yang terhampar bersih disepanjang pesisir pantai ini. Tumbuhan pandan berderet tumbuh subur disekitar pantai ini menambah keindahan panorama Pantai Timang Gunungkidul ini. Pengunjung pantai ini belum sebanyak pantai lainnya yang sudah terkenal sebelumnya sehingga bila sobat perhatikan suasana di pantai ini masih terkesan alami. Akses menuju Pantai Timang ini terbilang sulit diantara pantai pantai lainnya di Gunung Kidul, karena untuk mencapai Pantai Timang ini harus melalui jalan masuk kedalam selama 40 menitan dan disarankan untuk mobil yang besar. yang unik dari Pantai Timang diantara semua Pantai di Gunung Kidul karena terdapatnya Pulau Timang yang terlihat dari atas bukit Pantai Timang. Pulau Timang ini ternyata menyimpan dan merupakan sarang dari Lobster, Nelayan dan penduduk lokal disini punya cara unik untuk mengambil lobster lobster di Pulau Timang ini. dengan membuat kereta gantung yang menghubungkan bukit di Pantai Timang menuju Pulau Timang, dan penghubung tali (firefox Tradisional) ini sangat unik, karena dibuat secara manual. bagi yang ingin meyebrang ke Pulau Timang dipersilahkan untuk turis kesana dengan biaya Rp 100.000.

Klik untuk Melihat Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Timang
Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Timang
Pantai Timang Gunungkidul ini sebenarnya dibagi menjadi dua areal yang berbeda, pada bagian pertama berada di sebelah Timur yang merupakan pantai dengan pasir yang berwarna putih bersih sama dengan kebanyakan pantai putih lainnya. Sedangkan pada bagian kedua yang berada pada sisi bagian Barat berupa perbukitan batu-batuan yanng cukup terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Pada pantai berbatu ini pemandangan akan sangat indah karena terdapat batu yang cukup besar berdiri kokoh di pinggir pantai. Batu besar atau pulau tersebut dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang dan Pulau Timang. Keunikan dari Pantai Timang adalah banyaknya masyarakat lokal yg menggunakan flying Fox Tradisional ke Pulau Timang untuk mencari lobster. Bagi pencinta tantangan sangat disarankan untuk naik flying fox tradisional ini. Ingat jangan membawa kamera ataupun HP selama sobat menyebrang yap karena tiba tiba anda bisa diterjang ombak ketika perjalanan menyebrang dilakukan. Sebelum mencoba ada baiknya menaruh semua hp dan kamera dan menitipkan ke teman karena dijamin pasti basah disini. Berani mencoba adrenalin kamu di salah satu tempat wisata di Jogja ini?

4. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo merupakan pantai tujuan wisata yang kondisinya masih perawan karena belum banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini sehingga lingkungan pantai ini masih sangat bersih. Wedi Ombo terletak di Desa Jepitu, sekitar 40 km sebelah tenggara dari Wonosari. Pantai Wediombo berasal dari bahasa Jawa yang berarti pasir yang luas. Hal ini sesuai dengan keadaan pantai ini yang mempunyai pasir pantai yang putih dan sangat luas terhampar mengikuti panjang pesisir. Hal ini dikarenakan dari gempuran ombak yang menghantam perbukitan karst sehingga butiran pasir yang dihasilkan berwarna putih. 

Klik untuk Melihat Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Wedi Ombo
Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Wedi Ombo
Pantai Wedi Ombo diapit teluk yang lebar dengan pasir putih lembut yang menghadap ke laut dan dikelilingi oleh perbukitan kapur. Suara gelombang pantai dan angin menyegarkan menciptakan suasana santai. Teluk dapat dilihat dari atas bukit atau bahkan dari pinggir pantai dimana kita dapat melihat matahari terbenam dan pemandangannya yang luar biasa. Bagi pengunjung yang hobi memancing, tempat wisata di Jogja yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu, Pemandangan di kawasan pantai ini cukup indah dan sangat sesuai bagi Anda pecinta olahraga hiking. Berkemah di kawasan pantai Wediombo adalah kegiatan yang menyenangkan karena lingkungan sekitar yang tenang sangat mendukung.

Kendati pantai Wediombo ini lokasinya cukup terpencil tetapi fasilitas yang dimilikinya lumayan lengkap. Di tempat ini sudah terdapat banyak kios-kios yang menyediakan makanan, minuman dan olahan hasil tangkapan laut. Selain menikmati pemandangan alam, sobat backpackers bisa mencoba kelezatan sayur lombok ijo, oseng-oseng daun pepaya, aneka ikan laut seperti tongkol bakar atau goreng. Harganya pun terjangkau yaitu sekitar Rp 15.000. Musholla dan kamar mandi juga bisa anda dapatkan di pantai ini. Bagi para wisatawan yang memutuskan untuk bemalam disediakan tenda untuk berkemah disekitar perumahan nelayan.

5. Pantai Baron

Pantai Baron adalah salah satu obyek wisata berupa pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta. Berjajar dengan pohon kelapa hijau subur, Baron memiliki laguna yang dilindungi, aman untuk berenang, dengan menonjol bukit-bukit berbatu di setiap sisi. Baron Gua sebenarnya merupakan muara dari sungai bawah tanah yang muncul persis di tepi pantai dan menarik untuk melihat dari tebing di atas. Pantai Baron merupakan pantai pertama yang dapat sobat kunjungi sebelum melihat pantai yang lain yang terdapat di seputaran wilayah pesisir ini seperti Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal. Pantai Drini dan Pantai Sundak. Nama Pantai Baron sendiri berasal dari nama seorang bangsawan jaman dahulu yaitu Baron Skeber yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini. 

Klik untuk Melihat Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Baron
Tempat Wisata Pantai di Jogja Pantai Baron
Tempat wisata Pantai Baron banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara karena terkenal akan keindahan pemandangan pantai yang disuguhkan. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan aneka macam masakan lautnya. Pantai Baron ini bisa dikatakan merupakan dermaga bagi para nelayan untuk mencari nafkah sehingga di tempat ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai sarana untuk menjual hasil tangkapan ikan. Tidak hanya itu disini terdapat restoran di tepi pantai dan siap untuk memasak ikan untuk wisatawan yang datang. disini kita juga bisa melihat deretan kapal nelayan yang berjajar rapi dan uniknya kapal ini berwarna biru. Sekitar 10 km sebelah barat dari Pantai Baron Parang Racuk, di pegunungan Gunung Kidul ada juga terlihat Bukit yang memiliki view pemandangan Baron dan daerah sekitarnya. Setiap bulan Suro (bulan pertama kalender Jawa), masyarakat nelayan mengatur sebuah labuhan, upacara persembahan laut untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas panen ikan yang melimpah dan untuk keselamatan dan kesejahteraan nelayan.

Nah sobat backpackers, itu tadi beberapa pantai yang tergolong masih "perawan" dan pastinya menyajikan keindahal alam bagi sobat. Segera ambil kameramu lalu abadikan setiap momenmu di tempat wisata di Jogja yang kece tersebut. Happy backpacking!

Artikel Terkait

Keren Gan! Tempat Wisata Pantai di Jogja. Yuk Intip!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email